Jago Lagu
Jago Lagu

Duh! La Nyalla Minta Semua Lembaga Negara Mau Buka Big Data Ke Publik

Duh! La Nyalla Minta Semua Lembaga Negara Mau Buka Big Data Ke Publik

Duh! La Nyalla Minta Semua Lembaga Negara Mau Buka Big Data Ke Publik (Cnn)

KBR.MY.ID - Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan setiap badan publik mulai dari pemerintah hingga DPR dan lembaga-lembaga terkait harus dapat memberikan informasi kepada publik secara terbuka.

Jika ada masyarakat yang meminta agar sebuah data dibuka, maka pemerintah atau lembaga itu harus bersedia membuka tanpa menjalani perdebatan panas dengan masyarakat.

"Setiap badan publik, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif yang memberikan informasi ke publik di ruang terbuka, wajib membuka datanya apabila diminta," kata La Nyalla melalui keterangan tertulis, Jumat (15/4).

Duh! La Nyalla Minta Semua Lembaga Negara Mau Buka Big Data Ke Publik


Hal ini juga sesuai dengan Pasal 11 UU Nomor 14 Tahun 2008. Terutama poin 1 yang menyebut, Badan Publik wajib menyediakan Informasi Publik setiap saat.

UPDATE CORONA 15 APRIL


Rangkuman Covid: Omicron di RI Tembus 10 Ribu, Pemudik Wajib Booster

"Di poin 1 F disebutkan, hal itu meliputi informasi dan kebijakan yang disampaikan Pejabat Publik dalam pertemuan yang terbuka untuk umum," katanya.

Ditegaskannya, masyarakat berhak memperoleh informasi yang disediakan dan diumumkan secara berkala.


"Ekspose publik ini penting. Karena, sebelumnya, secara terbuka saya telah membantah klaim yang disampaikan Menko Maritim dan Investasi, yang mengatakan bahwa dari temuan big data, ada sekitar 110 juta masyarakat pengguna media sosial yang menghendaki penundaan Pemilu atau Perpanjangan Masa Jabatan Presiden," katanya.


Dijelaskan La Nyalla, ia juga telah menyampaikan secara terbuka, bahwa kegiatan atau pernyataan elite politik, baik itu menteri atau ketua partai, terkait penundaan pemilu atau masa jabatan presiden tiga periode justru tidak direspons positif oleh publik.


Survei: Mayoritas Publik Tak Percaya Klaim Big Data Luhut dan Cak Imin

"Kami juga membaca bagaimana respons publik terhadap kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng," katanya.Sebelumnya, Luhut sempat berdebat dengan sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia saat dia hadir untuk mengisi kuliah umum di kampus itu. Luhut menolak secara terang-terangan untuk membuka big data yang dia klaim berisi percakapan masyarakat yang ingin jabatan presiden diperpanjang. (tst/ain)


(CNN)

Total dibaca: 37x | Berikan Komentar!


Oleh: Putri Cantika
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Topik Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Update, Kemnaker Panggil Manajemen dan Pekerja Indomaret Soal Kisruh THR