Jago Lagu

Info Terkini, PBNU: Tak ada Pertentangan antara Islam dan Pancasila

Info Terkini, PBNU: Tak ada Pertentangan antara Islam dan Pancasila

Info Terkini, PBNU: Tak ada Pertentangan antara Islam dan Pancasila (Cnn)

KBR.MY.ID - Di momen Hari Lahir Pancasila, Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini kembali menegaskan bahwa tak ada pertentangan antara nilai-nilai Islam dengan Pancasila.

Hal tersebut sudah diputuskan NU dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama di Situbondo tahun 1983 dan dikukuhkan dalam Muktamar ke-27 NU di Situbondo tahun 1984.

"NU menyatakan bahwa Pancasila merupakan konsensus kebangsaan yang bersifat final. NU memutuskan bahwa Tidak ada pertentangan antara Islam dengan Pancasila," kata Helmy dalam keterangan resminya, Selasa (1/6).

PBNU: Tak ada Pertentangan antara Islam dan Pancasila


Helmy menegaskan bahwa NU memiliki komitmen dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Sebab, NU memegang prinsip bahwa segala ikhtiar untuk mengawal, melestarikan, dan mempertahankan Pancasila patut didukung dan diapresiasi.

"Terlebih kini Indonesia berada di tengah ancaman ideologi trans nasionalisme yang merapuhkan sendi-sendi keutuhan bangsa dan persatuan nasional," kata dia.


Helmy menyatakan momentum hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni dapat dijadikan sebagai wahana untuk terus berpikir dan berlaku positif.

"Hari lahir Pancasila juga harus dijadikan momentum untuk bergerak secara positif agar semua dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Sementara itu, di momentum yang sama Presiden Joko Widodo menyebut bahwa yang menjadi ancaman bagi Pancasila adalah kehadiran ideologi transnasional radikal.


Jokowi menyatakan perkembangan ideologi transnasional radikal dipercepat dengan perkembangan teknologi, baik revolusi industri 4.0 juga konektivitas 5G. Lewat bantuan teknologi tersebut, lanjutnya, ideologi transnasional semakin cepat berekspansi kepada masyarakat.


"Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal dapat melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini," ujarnya. (ryh/fjr)


(CNN)

Total dibaca: 103x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Ahmad Taulany
Singing Is Power

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Topik Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

BERITA POPULER

Waduh! 14 Orang yang Ditangkap Kasus Pembakaran Polsek Candipuro Masih Belum Ditetapkan Jadi Tersangka